SILABUS
NAMA SEKOLAH
: SMAN/SMU.........................
MATA PELAJARAN
: BIOLOGI
KELAS/JURUSAN
: X/IPA
SEMESTER
: 1(satu)
STANDAR KOMPETENSI : . Memahami hakekat
Biologi sebagai ilmu
ALOKASI WAKTU :
4X45 MENIT
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber
|
Nilai Karakter
|
||
Teknik
|
Instrumet
|
Contoh
Instrument
|
|||||||
1.1.
Mengidentifikasi
ruang lingkup Biologi
1.2.
Mendeskripsikan objek dan permasalahan biologi pada
berbagai tingkat organisasi kehidupan (molekul, sel, jaringan, organ,
individu, populasi, ekosistem, dan bioma
|
· Pengertian Biologi sebagai ilmu
· Ciri-ciri makhluk hidup
· Tiga aspek keilmuan biologi meliputi:
1.
Objek
2. Permasalahan
3.
Tingkat organisasi
1. Cabang-cabang ilmu biologi dapat di
analisis berdasarkan “kue biologi”
|
· Mendiskusikan ciri-ciri makhluk hidup
· Diskusi mengidentifikasi objek biologi,
permasalahan biologi, dan tingkat orgasasi kehidupan
· Diskusi menentukan objek, permasalahan, dan tingkat organisasi kehidupan pada beberapa
cabang ilmu biologi
Tugas
mengumpulkan informasi dan membuat
makalah tentang cabang ilmu biologi, perkembangan, dan prospeknya
|
· Mendeskripsikan karakteristik Biologi
sebagai ilmu
· Menyimpulkan ciri-ciri makhluk hidup
· Menarik kesimpulan
ruang lingkup biologi berdasarkan hasil pengamatan
· Menentukan objek, permasalahan, dan tingkat organisasi kehidupan
dari contoh cabang ilmu biologi
Membuat makalah
tentang struktur keilmuan, perkembangan, dan prospek salah satu cabang ilmu biologi
|
Test
Tertulis
|
Uraian
|
Jelaskan
ciri-ciri dari makhluk hidup?
Sebutkan macam
ekosistem?
|
2x45 menit
2x45 menit
|
· Buku kerja Biologi
1A. Ign. Khristiyono P.S, Esis,
· Buku Biologi X Dyah aryulina dkk, Esis, Bab
I
· Makhluk hidup dan benda mati yang ada di
sekitar sekolah
· Buku kerja Biologi 1A. Ign. Khristiyono P.S, Esis
· Buku Biologi X , Dyah aryulina dkk, Esis, BAB I
Koran, majalah,
jurnal, buku sumber, dan internet
|
Jujur
Peduli
lingkungan
kritis
|
0 komentar:
Posting Komentar