|
PEMERINTAH KAB CIAMIS
DINAS
PENDIDIKAN
SMA NEGERI
2 CIAMIS
JalanK.H. Ahmad Dahlan No 2 Ciamis Telp/Fax 0265-771709
|
|
ANALISIS SKL MATA PELAJARAN
Mata Pelajaran Biologi
No.
|
SKL
|
THP
|
MATERI AJAR
|
STANDAR KOMPETESI
|
KOMPETENSI DASAR
|
Kelas
|
|||||
X
|
XI
|
XII
|
|||||||||
1
|
2
|
1
|
2
|
1
|
2
|
||||||
1.
|
Merumuskan masalah, mengajukan dan menguji hipotesis,
menentukan variabel, merancang dan merakit instrumen, menggunakan berbagai
peralatan untuk melakukan pengamatan dan pengukuran yang tepat dan teliti,
mengumpulkan, mengolah, menafsirkan dan menyajikan data secara sistematis,
dan menarik kesimpulan sesuai dengan bukti yang diperoleh, serta
berkomunikasi ilmiah hasil percobaan secara lisan dan tertulis
|
C3
|
Mengajukan masalah,
dan menguji hipotesis,
menentukan variabel, merancang dan merakit
instrumen, mengguna- kan berbagai peralatan untuk
melakukan pengamatan & pengukuran yang tepat
dan teliti, mengumpulkan, mengolah, menafsirkan
dan menyajikan data secara sistematis, dan
menarik
kesimpulan sesuai dgn bukti yang diperoleh, serta
berkomunikasi ilmiah hasil percobaan secara lisan
dan tertulis
|
1. Memahami hakikat
Biologi sebagai ilmu
|
1.1. Mengidentifikasi
ruang lingkup Biologi
|
√
|
|||||
1.2. Mendeskripsikan objek
dan permasalahan biologi pada berbagai
tingkat organisasi kehidupan (molekul, sel, jaringan, organ, individu,
populasi, ekosistem, dan bioma)
|
√
|
||||||||||
2. Memahami
prinsip-prinsip pengelompokan makhluk hidup
|
2.1. Mendeskripsikan
ciri-ciri, replikasi, dan peran virus dalam kehidupan
|
√
|
|||||||||
2.2. Mendeskripsikan ciri-ciri Archaeobacteria dan Eubacteria dan peranannya
bagi kehidupan
|
√
|
||||||||||
2.3. Menyajikan ciri-ciri umum filum dalam kingdom Protista, dan peranannya
bagi kehidupan
|
√
|
||||||||||
2.4. Mendeskripsikan ciri-ciri dan jenis-jenis jamur berdasarkan hasil
pengamatan, percobaan, dan kajian literatur serta peranannya bagi kehidupan
|
√
|
||||||||||
1. Melakukan percobaan
pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan
|
1.1 Merencanakan percobaan
pengaruh faktor luar terhadap pertumbuhan tumbuhan
|
√
|
|||||||||
1.2 Melaksanakan percobaan
pengaruh faktor luar terhadap pertumbuhan tumbuhan
|
√
|
||||||||||
1.3. Mengkomunikasikan hasil percobaan pengaruh faktor luar terhadap
pertumbuhan tumbuhan
|
√
|
||||||||||
2.
|
Memahami keanekaragaman hayati dan klasifikasinya,
peranan keanekaragaman hayati bagi kehidupan dan upaya pelestariannya.
|
C2
|
keanekaragaman hayati & klasifikasinya,
peranan
keaneka-ragaman hayati bagi kehidupan dan upaya
pelestariannya.
|
3. Memahami manfaat keanekaragaman hayati
|
3.1. Mendeskripsikan konsep keanekaragaman gen, jenis,
ekosistem, melalui kegiatan pengamatan
|
√
|
|||||
3.2 Mengkomunikasikan
keanekaragaman hayati Indonesia, dan usaha pelestarian serta pemanfaatan
sumber daya alam
|
√
|
||||||||||
3.3 Mendeskripsikan ciri-ciri Divisio
dalam Dunia Tumbuhan dan peranannya bagi kelangsungan hidup di bumi
|
√
|
||||||||||
3.4 Mendeskripsikan ciri-ciri Filum dalam Dunia Hewan dan peranannya bagi kehidupan
|
√
|
||||||||||
3.
|
Menganalisis hubungan
antar komponen ekosistem, perubahan materi dan energi, serta peranan manusia
dalam keseimbangan ekosistem
|
C4
|
hubungan antar komponen
ekosistem, perubahan
materi dan energi, serta peranan manusia dalam
keseimbangan ekosistem
|
4. Menganalisis hubungan antara komponen ekosistem, perubahan materi dan
energi serta peranan manusia dalam
keseimbangan ekosistem
|
4.1 Mendeskripsikan peran komponen ekosistem dalam aliran energi dan daur
biogeokimia serta pemanfaatan komponen ekosistem bagi kehidupan
4.2 Menjelaskan keterkaitan antara kegiatan
manusia dengan masalah perusakan/pencemaran lingkungan dan pelestarian
lingkungan
4.3 Menganalisis jenis-jenis limbah dan daur ulang limbah
4.4 Membuat produk daur
ulang limbah
|
√
√
√
√
|
|||||
4.
|
Memahami konsep sel
dan jaringan, keterkaitan antara struktur dan fungsi organ, kelainan dan
penyakit yang mungkin terjadi pada sistem organ, serta implikasinya pada
sains, lingkungan, teknologi dan masyarakat
|
C2
|
konsep sel & jaringan,
keterkaitan antara struktur & fungsi organ, kelainan dan penyakit yang
mungkin
terjadi pada sistem organ,
serta implikasinya pada
sains, lingkungan, teknologi
& masyarakat
|
1. Memahami struktur dan fungsi
sel sebagai unit terkecil kehidupan
|
1.1 Mendeskripsikan komponen kimiawi
sel, struktur dan fungsi sel sebagai unit terkecil kehidupan
1.2 Mengidentifikasi organela sel tumbuhan dan hewan
1.3 Membandingkan mekanisme transpor pada membran (difusi, osmosis, transport
aktif, endositosis, eksositosis)
|
√
√
√
|
|||||
2. Memahami keterkaitan antara
struktur dan fungsi jaringan tumbuhan dan hewan, serta penerapannya dalam
konteks Salingtemas
|
2.1 Mengidentifikasi struktur
jaringan tumbuhan dan mengaitkannya dengan fungsinya, menjelaskan sifat
totipotensi sebagai dasar kultur jaringan
2.2 Mendeskripsikan struktur
jaringan hewan Vertebrata dan mengaitkannya dengan fungsinya
|
√
√
|
|||||||||
3. Menjelaskan struktur dan
fungsi organ manusia dan hewan
tertentu, kelainan/penyakit yang mungkin terjadi serta implikasinya pada
Salingtemas
|
3.1 Menjelaskan keterkaitan antara
struktur, fungsi, dan proses serta kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada
sistem gerak pada manusia
3.2 Menjelaskan keterkaitan antara
struktur, fungsi, dan proses serta kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada
sistem peredaran darah
3.3 Menjelaskan keterkaitan antara
struktur, fungsi, dan proses serta kelainan/penyakit yang dapat
terjadi pada sistem pencernaan makanan pada manusia dan hewan (misalnya
ruminansia)
3.4 Menjelaskan keterkaitan antara
struktur, fungsi, dan proses serta
kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem pernapasan pada manusia dan
hewan (misalnya burung)
3.5 Menjelaskan keterkaitan antara
struktur, fungsi, dan proses serta kelainan/penyakit yang dapat
terjadi pada sistem ekskresi pada manusia dan
hewan (misalnya pada ikan dan serangga)
3.6 Menjelaskan keterkaitan antara
struktur, fungsi, dan proses serta
kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem regulasi manusia (saraf,
endokrin, dan penginderaan)
3.7 Menjelaskan keterkaitan antara
struktur, fungsi, dan proses yang
meliputi pembentukan sel kelamin, ovulasi, menstruasi, fertilisasi,
kehamilan, dan pemberian ASI, serta kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada
sistem reproduksi manusia
3.8 Menjelaskan mekanisme
pertahanan tubuh terhadap benda asing berupa antigen dan bibit penyakit
|
√
√
|
√
√
√
√
√
√
|
||||||||
5.
|
Memahami faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan,
proses metabolisme dan hereditas, evolusi dan implikasinya dengan sains,
lingkungan, teknologi dan masyarakat
|
C2
|
faktor-faktor yg mem-pengaruhi
pertumbuh-an dan
perkembangan, proses
metabolisme dan hereditas,
evolusi & implikasinya
dengan sains, lingkungan,
teknologi & masyarakat
|
1. Melakukan percobaan
pertumbuhan dan perkembangan pada tumbuhan
|
1.1 Merencanakan percobaan
pengaruh faktor luar terhadap pertumbuhan tumbuhan
1.2 Melaksanakan percobaan
pengaruh faktor luar terhadap pertumbuhan tumbuhan
1.3. Mengkomunikasikan hasil percobaan pengaruh faktor luar terhadap
pertumbuhan tumbuhan
|
|
|
|
|
√
√
√
|
|
2. Memahami
pentingnya proses metabolisme pada organisme
|
2.1 Mendeskripsikan fungsi enzim
dalam proses metabolisme
2.2 Mendeskripsikan proses
katabolisme dan anabolisme karbohidrat
2.3 Menjelaskan keterkaitan antara
proses metabolisme karbohidrat dengan metabolisme lemak dan protein
|
|
|
|
|
√
√
√
|
|
||||
3. Memahami penerapan konsep
dasar dan prinsip-prinsip hereditas serta implikasinya pada Salingtemas
|
3.1 Menjelaskan konsep gen, DNA, dan kromosom
3.2 Menjelaskan hubungan gen
(DNA)-RNA-polipeptida dan proses sintesis protein
3.3 Menjelaskan keterkaitan antara
proses pembelahan mitosis dan meiosis dengan pewarisan sifat
3.4 Menerapkan prinsip hereditas
dalam mekanisme pewarisan sifat
3.5 Menjelaskan peristiwa mutasi
dan implikasinya dalam Salingtemas
|
|
|
|
|
√
√
√
√
√
|
|
||||
4. Memahami teori
evolusi serta implikasinya pada
Salingtemas
|
4.1 Menjelaskan teori, prinsip,
dan mekanisme evolusi biologi
4.2 Mengkomunikasikan hasil studi
evolusi biologi
4.3 Mendeskripsikan kecenderungan baru tentang teori evolusi
|
|
|
|
|
|
√
√
√
|
||||
6.
|
Memahami prinsip-prinsip dasar bioteknologi serta implikasinya pada
sains, lingkungan, teknologi dan masyarakat
|
C2
|
prinsip-prinsip dasar bioteknologi serta
implikasinya
pada sains, lingkungan, teknologi dan masyarakat
|
5. Memahami prinsip-prinsip dasar
bioteknologi serta implikasinya pada Salingtemas
|
5.1 Menjelaskan arti, prinsip
dasar, dan jenis-jenis bioteknologi
5.2 Menjelaskan dan menganalisis
peran bioteknologi serta implikasi
hasil-hasil bioteknologi pada Salingtemas
|
|
|
|
|
|
√
√
|
Mengetahui:
Kepala Sekolah,
|
Ciamis, Juli 2012
Guru Mata Pelajaran,
|
|
|
Drs, H. Endang Rahmat, M.Pd.
NIP.196005141987031008
|
Mochamad Solehudin, M.Pd.
NIP : 196401011989021004
|
0 komentar:
Posting Komentar