Diberdayakan oleh Blogger.

Jumat, 08 Maret 2013

Petunjuk penulisan jurnal



PETUNJUK UNTUK PENULIS (Times New Roman, all caps, 14 pt, bold, centered)
INSTRUCTION TO AUTHORS (Times New Roman, all caps, 12 pt,italic, centered)
 (kosong dua spasi tunggal, 12 pt)
}
Penulis Pertama1, Penulis Kedua2 dan Penulis Ketiga3
1.   
(Times New Roman, 12 pt, italic, centered)

Nama Jurusan, Nama Fakultas, Nama Universitas, Alamat, Kota, Kode Pos, Negara
2.    Nama Lembaga Penelitian, Alamat, Kota, Kode Pos, Negara
E-mail: penulis_pertama@address.com
(kosong dua spasi tunggal, 12 pt)

ABSTRAK (12 pt, bold, italic)
(kosong satu spasi tunggal, 12 pt)

Abstrak ditulis dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris dengan jenis huruf Times New Roman, ukuran 10 pt, italic, spasi tunggal. Abstrak bukanlah penggabungan beberapa paragraf, tetapi merupakan ringkasan yang utuh dan lengkap yang menggambarkan isi tulisan. Sebaiknya abstrak mencakup latar belakang, tujuan, metode, hasil, serta kesimpulan dari penelitian. Abstrak tidak berisi acuan atau tidak menampilkan persamaan matematika, dan singkatan yang tidak umum. Abstrak terdiri dari satu paragraf dengan jumlah kata paling banyak 250 kata dalam bahasa Indonesia dan  150 kata dalam bahasa Inggris.
(kosong satu spasi tunggal 10 pt).

Kata kunci: 3 - 5 kata kunci (Times New Roman, 10 pt)
(kosong satu spasi tunggal 10 pt)


ABSTRACT (12 pt, bold, italic)
(kosong satu spasi 12 pt)

Abstract should be written in Indonesian and English using Times New Roman font, size 10 pt, italic, single spasing. Abstract is not a merger of several paragraphs, but it is a full and complete summary that describe content of the paper It should contain background, objective, methods, results, and conclusion from the research. It is should not contain any references nor display mathematical equations. It consists of one paragraph and should be no more than 200 words in bahasa Indonesia and 150 words in English
(kosong satu spasi tunggal 10 pt)

Keywords: 3 - 5 keywords (Times New Roman, 10 pt)

(kosong enam spasi tunggal, 10 pt)








1.   PENDAHULUAN (12 pt, bold)
(kosong satu spasi tunggal, 10 pt)

Petunjuk penulisan ini dibuat untuk keseragaman format penulisan dan kemudahan bagi penulis dalam proses penerbitan naskah di Jurnal Meteorologi dan Geofisika. Penulis bisa menggunakan bahasa Indonesia atau bahasa Inggris. Naskah dalam bahasa Indonesia harus sesuai dengan EYD yang berlaku, dan bila dalam bahasa Inggris sebaiknya memenuhi standard tata bahasa Inggris baku.

Naskah ditulis dalam format kertas berukuran A4 (210 mm x 297 mm) dengan margin atas 3 cm, margin bawah 3 cm, margin kiri dan kanan masing – masing 2 cm. Bentuk naskah berupa 2 kolom dengan jarak antar kolom 1 cm. Panjang naskah hendaknya maksimal 12 halaman, termasuk lampiran. Jarak antara paragraf adalah satu spasi tunggal.  

Judul naskah harus mencerminkan inti dari isi suatu tulisan. Judul hendaknya menonjolkan fenomena (obyek) yang diteliti, bukan metode dan bukan kegiatan (proyek). Judul bersifat informatif, spesifik, efektif dan maksimal 15 kata. Jika naskah dalam bahasa Indonesia, ditulis terlebih dahulu judul bahasa Indonesia kemudian diikuti judul dalam bahasa Inggris. Sebaliknya, jika naskah dalam bahasa Inggris, ditulis dahulu judul bahasa Inggris kemudian diikuti judul dalam bahasa Indonesia. 

Nama penulis ditulis secara lengkap di bawah judul tanpa menyebutkan gelar. Di bawahnya, dicantumkan nama lembaga dan alamat lengkap tempat penulis bekerja beserta alamat e-mail penulis pertama untuk korespondensi. Jika penulis lebih dari satu orang dan bekerja di lembaga yang sama, maka pencantuman satu alamat telah dianggap cukup mewakili alamat penulis lainnya.

Abstrak ditulis dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris yang masing – masing dilengkapi dengan kata kunci (keywords). Kata kunci dapat berupa kata tunggal atau kata majemuk (terdiri lebih dari satu kata). Penulisan kata kunci antara tiga sampai lima (3 – 5) kata dan dapat mengikuti klasifikasi sebagai berikut: metode teoritis, metode eksperimen, fenomena, obyek penelitian dan aplikasinya.

Naskah disusun dalam 4 subjudul yaitu: Pendahuluan, Metode Penelitian, Hasil dan Pembahasan, Kesimpulan. Subjudul ditulis dengan huruf besar dan diberi nomor dengan angka Arab. Ucapan Terima Kasih (jika ada), Daftar Pustaka dan Lampiran (jika ada) ditulis berurutan setelah Kesimpulan dan di awal kata tidak diberi nomor. Subjudul untuk naskah bahasa Inggris sebagai berikut: Introduction, Methods, Results and Discussion, Conclusions. Acknowledgement (jika ada), References dan Appendix (jika ada) ditulis berurutan setelah Conclusions. Penggunaan subsubjudul sebaiknya dihindari, apabila diperlukan diberi nomor bertingkat dengan angka Arab seperti contoh berikut: 1.1., 1.2., … dan seterusnya.

Pendahuluan hendaklah mencakup hal – hal berikut ini: latar belakang, perumusan masalah, tujuan, teori, dan hipotesis (jika ada). Untuk penemuan – penemuan ilmiah yang telah dipublikasikan sebelumnya baik oleh diri – sendiri maupun orang lain dan berkaitan dengan penelitian yang dikerjakan, bisa dimasukkan di dalam subjudul pendahuluan ini. Bagian pendahuluan diakhiri dengan sistematika penulisan.

Metode penelitian yang digunakan harus ditulis sesuai dengan cara ilmiah, yaitu rasional, empiris dan sistematis. Seyogyanya disebutkan waktu dan tempat penelitian secara jelas, berikut data maupun alat dan bahan yang dipakai dalam penelitian.  

Hasil dan pembahasan berisi hasil analisis fenomena di wilayah penelitian yang relevan dengan tema kajian. Hasil penelitian hendaknya dibandingkan dengan teori dan temuan penelitian yang relevan

Kesimpulan bisa berupa kesimpulan khusus dan kesimpulan umum. Kesimpulan khusus merupakan hasil analisa data atau hasil uji hipotesa tentang fenomena yang diteliti. Kesimpulan umum sebagai hasil generalisasi atau keterkaitan dengan fenomena serupa di wilayah lain dari publikasi terdahulu. Hal yang perlu diperhatikan adalah segitiga konsistensi (masalah-tujuan-kesimpulan harus konsisten).

Penggunaan catatan kaki tidak diperkenankan. Simbol / lambang ditulis dengan jelas dan konsisten. Istilah asing ditulis dengan huruf italic. Singkatan harus dituliskan secara lengkap pada saat disebutkan pertama kali,  setelah itu bisa ditulis kata singkatnya.

Tabel ditulis dengan Times New Roman ukuran 10 pt dan berjarak satu spasi dibawah judul tabel. Judul tabel ditulis dengan huruf berukuran 10 pt, bold dan ditempatkan diatas tabel. Penomoran tabel menggunakan angka Arab (1,2,…..). Tabel diletakkan segera setelah disebutkan di dalam naskah. Tabel diletakkan pada posisi paling atas atau paling bawah dari setiap halaman dan tidak diapit oleh kalimat. Apabila tabel memiliki lajur/kolom cukup banyak, bisa digunakan format satu kolom atau satu halaman penuh. Apabila judul pada lajur label terlalu panjang, maka lajur diberi nomor dan keterangannya di bawah tabel.
(kosong satu spasi tunggal, 10 pt)
Tabel 1. Tabel Prosesi Gerhana Untuk daerah     Lampung.
 (kosong satu spasi tunggal, 10 pt)
No
Prosesi Gerhana
Waktu (WIB)
Waktu (UTC)
1
Gerhana Matahari mulai (I)
15:19
08:19
2
Fase Gerhana Cincin mulai (II)
16:38
09:38
3
Puncak Gerhana Matahari Cincin
16:42
09:42
4
Fase Gerhana Cincin selesai (III)
16:45
09:45
5
Gerhana Matahari selesai (IV)
17:52
10:52
(kosong dua spasi tunggal, 10 pt)

(kosong satu spasi tunggal, 11 pt)
(kosong satu spasi tunggal, 11 pt)
Gambar 1. Temperatur rata-rata bulanan AWS PTFI per ketinggian.
(kosong dua spasi tunggal, 11 pt)

Gambar diletakkan segera setelah disebutkan dalam naskah, Gambar diletakkan pada posisi paling atas atau paling bawah dari setiap halaman dan tidak boleh diapit kalimat. Gambar diletakkan simetris dalam kolom. Apabila gambar cukup besar, bisa digunakan format satu kolom. Penomoran gambar menggunakan angka Arab. Penulisan keterangan gambar menggunakan huruf Times New Roman berukuran 10 pt, bold dan diletakkan di bagian bawah, seperti pada contoh diatas. Gambar yang telah dipublikasikan penulis lainnya harus disebutkan sumbernya dalam keterangan gambar.

Apabila terdapat persamaan reaksi atau matematis, diletakkan simetris pada kolom. Nomor persamaan diletakkan di ujung kanan dalam tanda kurung, dan penomoran dilakukan secara berurutan. Apabila terdapat rangkaian persamaan yang lebih dari satu baris, maka penulisan nomor diletakkan pada baris terakhir. Penunjukkan persamaan dalam naskah dalam bentuk singkatan, seperti Pers. (1).

(kosong satu spasi tunggal 11 pt)
              (1)
 (kosong satu spasi tunggal 11 pt)

Penurunan persamaan matematis tidak perlu ditulis semuanya secara detail, hanya dituliskan bagian yang terpenting, metode yang digunakan dan hasil akhirnya.

Pengutipan pustaka di dalam naskah dituliskan dengan menggunakan angka Arab dan diurutkan sesuai urutan pengutipan dalam naskah. Angka ditulis dalam kurung persegi/square bracket. Contoh pengutipan pustaka adalah sebagai berikut:
-   Monsun dan pergerakan ITCZ (Intertropical Convergence Zone) berkaitan dengan variasi curah hujan tahunan dan semi-tahunan di Indonesia [1,2].
-   Liberti et. al. [3] menggunakan data………..

Nomor 1,2,3, dan seterusnya menunjukkan urutan pengutipan pustaka dalam naskah dan seluruh pengutipan pustaka kemudian diurut dalam Daftar Pustaka dengan cara penulisan seperti pada contoh.

DAFTAR PUSTAKA
(kosong satu spasi tunggal, 11 pt)

Penulisan daftar pustaka sesuai dengan urutan pengutipannya dalam naskah. Jumlah sumber acuan dalam satu tulisan paling sedikit sepuluh sumber acuan, dengan 80% merupakan sumber acuan primer dan 80% merupakan terbitan 5 tahun terakhir. Sumber acuan primer adalah sumber acuan yang langsung merujuk pada bidang ilmiah tertentu, sesuai topik penelitian dan sudah teruji. Sumber acuan primer dapat berupa: tulisan dalam makalah ilmiah dalam jurnal internasional maupun nasional terakreditasi, hasil penelitian di dalam disertasi, tesis, maupun skripsi. Buku (textbook),  termasuk dalam sumber acuan sekunder. Format daftar pustaka yang digunakan Jurnal Meteorologi dan Geofisika mengacu pada model APA yang dikembangkan oleh American Psychological Association, seperti contoh berikut ini:

Paper dalam jurnal
a.     Artikel dalam jurnal ilmiah dengan volume dan nomor (1 penulis)
[1] Handayani, A.S. (2010). Analisis daerah endemik bencana akibat cuaca ekstrim di Sumatera Utara, Jurnal Meteorologi dan Geofisika, 11(1), 52-57
b.     Artikel dalam jurnal ilmiah dengan volume dan nomor (2 - 6 penulis)
[2] Suryanto, W., Nurdiyanto, B., & Pakpahan, S. (2010). Implementasi perhitungan receiver function untuk gempa jauh menggunakan Matlab. Jurnal Meteorologi dan Geofisika, 11(1), 66-72.
c.     Artikel dalam jurnal ilmiah dengan volume dan nomor (lebih dari 6 penulis)
[3] Subagyono, K., Sugiharto, B., Purwani, E.T., Susilokarti, D., Las, I., Unadi, A., et. Al. (2010). Technology needs assessment (TNA) for climate change mitigation in agriculture sector: criteria, prioritizing and barriers. Jurnal Meteorologi dan Geofisika, 11(2), 96-105.

Buku
a.     Buku (1 penulis)
[4] Shearer, P.M. (1999). Introduction to seismology. Cambridge: Cambridge University Press.
b.     Buku (2 - 6 penulis)
[5] Trewartha, G.T., & Horn, L.H. (1980). An introduction to climate. New York: McGraw-Hill.
c.     Buku (lebih dari 6 penulis)
[6] Johnson, L., Lewis, K., Peters, M., Harris, Y., Moreton, G., Morgan, B., et. al. (2005). How far is far? London: McMillan.

Prosiding
[7] Meilano, I., Abidin, H.Z., & Natawidjaya, D.H. (2009). Using 1-Hz GPS data to measure deformation caused by Bengkulu earthquake. Proceeding of International Symposium on Earthquake and Precursor, 153-158, Bukittinggi: Research and Development Center, BMKG.

Makalah seminar, lokakarya
[8] Ibnu, S. (2011, Maret). Isi dan format jurnal ilmiah. Makalah disajikan dalam Lokakarya Nasional Pengelolaan dan Penyuntingan Jurnal Ilmiah, Malang: Universitas Negeri Malang.

Skripsi, disertasi, tesis
[9] Riyadi, M. (1996). Pemodelan gaya berat tiga dinensi untuk melokalisir jebakan timah di daerah Pemali-Bangka. Tesis, Fakultas MIPA: Universitas Indonesia.

Laporan Penelitian:
[10] Sumaryanto. (2008). Karakteristik sosial ekonomi petani pada berbagai agroekosistem. Laporan penelitian, Pusat Analisis Ekonomi dan Kebijakan Pertanian. Bogor: Kementrian Pertanian.

Artikel dari internet:
[11] Interactive Weather and Wave Forecast Maps. (2011).(htpp://www.bom.gov.au/Australia/charts/viewer/index.shtml), diakses 7 April 2011.

PENGAJUAN NASKAH

1.     Redaksi Jurnal Meteorologi dan Geofisika menerima naskah ilmiah berupa hasil penelitian atau hasil studi dalam bidang Meteorologi, Klimatologi, Kualitas Udara dan Geofisika. Naskah harus berisi informasi yang benar, jelas dan memiliki kontribusi substantif terhadap bidang kajian
2.     Penulisan harus singkat dan jelas sesuai dengan format penulisan Jurnal Meteorologi dan Geofisika. Naskah belum pernah dimuat atau tidak sedang dalam proses untuk dimuat di media lain, baik media cetak maupun elektronik.
3.     Naskah ilmiah  yang masuk akan diseleksi oleh Dewan Redaksi yang memiliki wewenang penuh untuk mengkoreksi, mengembalikan untuk diperbaiki, atau menolak tulisan yang masuk meja redaksi bila dirasa perlu. Penilaian secara subtantif akan dilakukan oleh Mitra Bestari/Penyunting Ahli. Penilaian akan dilakukan secara obyektif dan tertulis
4.     Naskah ilmiah yang dimuat dalam Jurnal Meteorologi dan Geofisika tidak berarti mencerminkan pandangan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG).
5.     Naskah ilmiah dikirim ke redaksi dalam bentuk softcopy atau hardcopy ke alamat redaksi :
Puslitbang BMKG
Jl. Angkasa 1 No. 2 Jakarta Pusat 10720
Penulis diharapkan menyertakan nomor telepon yang bisa dihubungi.
6.     Insentif yang menarik akan diberikan kepada penulis yang naskahnya dimuat dalam Jurnal Meteorologi dan Geofisika
7.     Informasi mengenai penerbitan Jurnal Meteorologi dan Geofisika bisa diakses di website http://bmkg.go.id/Puslitbang/Jurnal_MG/Jurnal_MG.bmkg






0 komentar:

biologi © 2008. This blog is wearing Sederhana, a free XML Blogger Template adopted from Oh My Grid - WP theme by Thomas Arie
Converted to Blogger by Gre [Template-Godown]