PEMERINTAH KAB CIAMIS
DINAS PENDIDIKAN
SMA NEGERI 2 CIAMIS
JalanK.H. Ahmad Dahlan No 2 Ciamis Telp/Fax 0265-771709
|
|
ANALISIS TUJUAN
Mata Pelajaran: Biologi
TUJUAN
|
RANAH
|
SUBSTANSI MATERI
|
IMPLEMENTASI DLM PBM
(HUBUNGAN DENGAN KD)
|
||
KOG
|
APE
|
PSI
|
|||
|
√
|
√
|
√
|
Seluruh materi esensial
biologi
· Keteraturan
& keindahan alam
· Kebesaran Allah
|
Terkolaborasi dalam seluruh KD ( 14 KD kelas X, 13 KD kelas XI, 16 KD kelas XII)
|
2. Memupuk sikap ilmiah
yaitu jujur, objektif, terbuka, ulet, kritis dan dapat bekerjasama dengan
orang lain
|
√
|
√
|
√
|
Merumuskan masalah, mengajukan dan menguji hipotesis,
menentukan variabel, merancang dan merakit instrumen, menggunakan berbagai
peralatan untuk melakukan pengamatan dan pengukuran yang tepat dan teliti,
mengumpulkan, mengolah, menafsirkan dan menyajikan data secara sistematis,
dan menarik kesimpulan sesuai dengan bukti yang diperoleh, serta
berkomunikasi ilmiah hasil percobaan secara lisan dan tertulis
|
1.1. Mengidentifikasi
ruang lingkup Biologi ( X)
1.2. Mendeskripsikan
objek dan permasalahan biologi pada
berbagai tingkat organisasi kehidupan (molekul, sel, jaringan, organ,
individu, populasi, ekosistem, dan bioma) (X)
2.1. Mendeskripsikan ciri-ciri, replikasi, dan peran virus dalam kehidupan (X)
2.2. Mendeskripsikan ciri-ciri Archaeobacteria dan Eubacteria dan peranannya
bagi kehidupan (X)
2.3. Menyajikan ciri-ciri umum filum dalam kingdom Protista, dan peranannya
bagi kehidupan (X)
2.4. Mendeskripsikan ciri-ciri dan jenis-jenis jamur berdasarkan hasil
pengamatan, percobaan, dan kajian literatur serta peranannya bagi kehidupan (X)
1.1 Merencanakan percobaan
pengaruh faktor luar terhadap pertumbuhan tumbuhan (XII)
1.2 Melaksanakan percobaan
pengaruh faktor luar terhadap pertumbuhan tumbuhan (XII)
1.3. Mengkomunikasikan hasil percobaan pengaruh faktor luar terhadap
pertumbuhan tumbuhan (XII)
|
3. Mengembangkan pengalaman untuk dapat mengajukan dan menguji hipotesis melalui percobaan, serta
mengkomunikasikan hasil percobaan secara lisan dan tertulis
|
√
|
√
|
√
|
Merumuskan masalah, mengajukan dan menguji hipotesis,
menentukan variabel, merancang dan merakit instrumen, menggunakan berbagai
peralatan untuk melakukan pengamatan dan pengukuran yang tepat dan teliti,
mengumpulkan, mengolah, menafsirkan dan menyajikan data secara sistematis,
dan menarik kesimpulan sesuai dengan bukti yang diperoleh, serta
berkomunikasi ilmiah hasil percobaan secara lisan dan tertulis
Memahami
keanekaragaman hayati dan klasifikasinya, peranan keanekaragaman hayati bagi
kehidupan dan upaya pelestariannya.
|
1.1 Merencanakan percobaan
pengaruh faktor luar terhadap pertumbuhan tumbuhan (XII)
1.2 Melaksanakan percobaan
pengaruh faktor luar terhadap pertumbuhan tumbuhan (XII)
1.3. Mengkomunikasikan hasil percobaan pengaruh faktor luar terhadap
pertumbuhan tumbuhan (XII)
3.1 Mendeskripsikan
konsep keanekaragaman gen, jenis, ekosistem, melalui kegiatan pengamatan (X)
3.2 Mengkomunikasikan
keanekaragaman hayati Indonesia, dan usaha pelestarian serta pemanfaatan
sumber daya alam (X)
3.3 Mendeskripsikan ciri-ciri Divisio
dalam Dunia Tumbuhan dan peranannya bagi kelangsungan hidup di bumi (X)
3.4 Mendeskripsikan ciri-ciri Filum dalam Dunia Hewan dan
peranannya bagi kehidupan.(X)
|
4. Mengembangkan kemampuan berpikir
analitis, induktif, dan deduktif dengan menggunakan konsep dan prinsip biologi
|
√
|
√
|
√
|
Menganalisis
hubungan antar komponen ekosistem, perubahan materi dan energi, serta peranan
manusia dalam keseimbangan ekosistem
|
4.1 Mendeskripsikan peran komponen
ekosistem dalam aliran energi dan daur biogeokimia serta pemanfaatan komponen
ekosistem bagi kehidupan (X
4.2 Menjelaskan keterkaitan antara
kegiatan manusia dengan masalah
perusakan/pencemaran lingkungan dan pelestarian lingkungan (X)
4.3 Menganalisis jenis-jenis limbah dan daur ulang
limbah (X)
4.4 Membuat produk daur
ulang limbah (X)
|
|
√
|
√
|
√
|
Memahami konsep
sel dan jaringan, keterkaitan antara struktur dan fungsi organ, kelainan dan
penyakit yang mungkin terjadi pada sistem organ, serta implikasinya pada
sains, lingkungan, teknologi dan masyarakat
|
1.1 Mendeskripsikan komponen kimiawi
sel, struktur dan fungsi sel sebagai unit terkecil kehidupan (XI)
1.2 Mengidentifikasi organela sel tumbuhan dan hewan (XI)
1.3. Membandingkan mekanisme transpor pada membran (difusi, osmosis,
transport aktif, endositosis, eksositosis) (XI)
2.1 Mengidentifikasi struktur
jaringan tumbuhan dan mengaitkannya dengan fungsinya, menjelaskan sifat
totipotensi sebagai dasar kultur jaringan (XI)
2.2 Mendeskripsikan struktur
jaringan hewan Vertebrata dan mengaitkannya dengan fungsinya (X)
3.1 Menjelaskan keterkaitan antara
struktur, fungsi, dan proses serta kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada
sistem gerak pada manusia (XI)
3.2 Menjelaskan keterkaitan antara
struktur, fungsi, dan proses serta kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada
sistem peredaran darah (XI)
3.3 Menjelaskan keterkaitan antara
struktur, fungsi, dan proses serta kelainan/penyakit yang dapat
terjadi pada sistem pencernaan makanan pada manusia dan hewan (misalnya
ruminansia) (XI)
3.4 Menjelaskan keterkaitan antara
struktur, fungsi, dan proses serta
kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem pernapasan pada manusia dan
hewan (misalnya burung) (XI)
3.5 Menjelaskan keterkaitan antara
struktur, fungsi, dan proses serta kelainan/penyakit yang dapat
terjadi pada sistem ekskresi pada manusia dan
hewan (misalnya pada ikan dan serangga) (XI)
3.6 Menjelaskan keterkaitan antara
struktur, fungsi, dan proses serta
kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem regulasi manusia (saraf,
endokrin, dan penginderaan) (XI)
3.7 Menjelaskan keterkaitan antara
struktur, fungsi, dan proses yang
meliputi pembentukan sel kelamin, ovulasi, menstruasi, fertilisasi,
kehamilan, dan pemberian ASI, serta kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada
sistem reproduksi manusia.(XI)
3.8 Menjelaskan mekanisme
pertahanan tubuh terhadap benda asing berupa antigen dan bibit penyakit. (XI)
|
|
√
|
√
|
√
|
Menganalisis
hubungan antar komponen ekosistem, perubahan materi dan energi, serta peranan
manusia dalam keseimbangan ekosistem
Memahami
faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan, proses
metabolisme dan hereditas, evolusi dan implikasinya dengan sains, lingkungan,
teknologi dan masyarakat
|
4.3 Menganalisis jenis-jenis limbah dan daur ulang
limbah (X)
4.4 Membuat produk daur
ulang limbah (X)
1.1 Merencanakan percobaan pengaruh faktor luar terhadap
pertumbuhan tumbuhan (XII)
1.2 Melaksanakan percobaan
pengaruh faktor luar terhadap pertumbuhan tumbuhan (XII)
1.3. Mengkomunikasikan hasil percobaan pengaruh faktor luar
terhadap pertumbuhan tumbuhan (XII)
2.1
Mendeskripsikan fungsi enzim dalam proses metabolisme (XII)
2.2 Mendeskripsikan
proses katabolisme dan anabolisme karbohidrat (XII)
2.3 Menjelaskan keterkaitan antara proses
metabolisme karbohidrat dengan metabolisme lemak dan protein
(XII)
3.1 Menjelaskan konsep gen, DNA, dan kromosom (XII)
3.2 Menjelaskan hubungan gen (DNA)-RNA-polipeptida
dan proses sintesis protein (XII)
3.3 Menjelaskan keterkaitan antara
proses pembelahan mitosis dan meiosis dengan pewarisan sifat (XII)
3.4 Menerapkan prinsip hereditas
dalam mekanisme pewarisan sifat (XII)
3.5 Menjelaskan peristiwa mutasi dan
implikasinya dalam Salingtemas (XII)
4.1 Menjelaskan teori, prinsip,
dan mekanisme evolusi biologi (XII)
4.2 Mengkomunikasikan hasil studi
evolusi biologi (XII)
4.3 Mendeskripsikan kecenderungan baru tentang teori evolusi (XII)
|
|
√
|
√
|
√
|
Menganalisis
hubungan antar komponen ekosistem, perubahan materi dan energi, serta peranan
manusia dalam keseimbangan ekosistem
Memahami
prinsip-prinsip dasar bioteknologi serta implikasinya pada sains, lingkungan,
teknologi dan masyarakat
|
4.1 Mendeskripsikan peran komponen
ekosistem dalam aliran energi dan daur biogeokimia serta pemanfaatan komponen
ekosistem bagi kehidupan (X
4.2 Menjelaskan keterkaitan antara
kegiatan manusia dengan masalah
perusakan/pencemaran lingkungan dan pelestarian lingkungan (X)
5.1
Menjelaskan arti, prinsip dasar, dan
jenis-jenis bioteknologi (XII)
5.2 Menjelaskan dan menganalisis peran
bioteknologi serta implikasi
hasil-hasil bioteknologi pada Salingtemas (XII)
|
Mengetahui:
Kepala Sekolah,
Ciamis, Juli 2012
Guru
Mata Pelajaran,
Drs. H. Endang Rahmat, M.Pd. Mochamad Solehudin, M.Pd.
NIP. 196005141987031008 NIP.
196401011989021004
0 komentar:
Posting Komentar